Minggu, 19 April 2015

Passive Voice

PASSIVE VOICE
Kalimat pasif (passive voice) adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan. Kalimat yang bisa dijadikan kalimat pasif hanya kalimat aktif yang mempunyai objek dan kata kerjanya berupa kata kerja transitif atau kata kerja yang membutuhkan objek. Ciri khas kalimat pasif adalah selalu menggunakan kata kerja bentuk ke-3 (V3).
Rumus passive voice adalah sebagai berikut di bawah ini.
passive voice

Catatan:

  • Auxiliary verb dapat berupa primary auxiliary verb be (is, are, am, was, were, be, been, being), kombinasi antara dua primary (is/are being, was/were being, has/have been) atau antara primary dan modal auxiliary verb (will be, will have been).
  • Past participle yang digunakan berupa kata kerja transitive.
1. Present Tense (Waktu Sekarang)
    Simple Present adalah tenses (pola kalimat) yang digunakan untuk menceritakan waktu sekarang dalam bentuk sederhana. Nama lain daripada Present adalah Bentuk ke-1 (V1).
Contoh:

TO BE

I am a teacher
You are a teacher
We are teachers
They are teachers

He is a teacher
She is a teacher
It is my cat

     Kalau Anda mengamati, maka kalimat diatas semuanya mengggunakan PREDICATE-1 atau predikat dalam bentuk 1, lihat saja tobe nya tidak lepas dari AM – IS – ARE. Contoh diatas adalah The simple present tense dalam bentuk nominal, karena semua kalimatnya menggunakan tobe-1
     Apakah ada bentuk lainnya? Ada, yaitu The Simple Present Tense dalam bentuk VERBAL. Yaitu yang tidak memiliki tobe tapi memiliki verb. Nanti akan di terangkan. Untuk saat ini cukup kita simpulkan bahwa ada 2 (dua) jenis Simple Present yaitu

1. Nominal Simple Present
2. Verbal Simple Present


     Untuk mengubah kalimat NOMINAL SIMPLE PRESENT kedalam bentuk negative (menyangkal) ataupun interrogative (bertanya) sangatlah mudah, amati

(+) You are a teacher
(- ) You are NOT a teacher
(? ) Are you a teacher?

     Sekarang kita lanjutkan pada pola kalimat VERBAL SIMPLE PRESENT – yaitu simple present yang tidak menggunakan tobe, tetapi VERB1 sebagai predicate1 nya.

Subjective
Pronouns Example

I I work
You You work
We We work
They They work

He He works
She She works
It It works

     Lihat, untuk awalan HE, SHE, IT  verb nya menggunakan _s. Amati kembali contoh berikut

He runs every morning
She teaches English
John has an English books

     Untuk kata kerja yang berakhiran bunyi DESIS (hissing sounds – x, ch, s, sh), kita menggunakan akhira _es. sehingga menjadi : teaches, mixes, washes, kisses, dsb.

Penggunaan tense simple present tense:
  1. Menyatakan fakta (expressing facts)
  2. Menyatakan kebiasaan (expressing habits)
  3. Menyatakan yang akan datang
  4. Menyatakan masa lalu
  5. Menceritakan sesuatu yang sedang terjadi
2. Past Tense
     Simple past tense adalah tense yang berfungsi untuk menunjukkan pekerjaan yang terjadi pada masa lampau tanpa ingin menekankan bahwa pekerjaan tersebut telah (perfect) atau sedang (continuous) dikerjakan. Pemahaman tense ini hampir sama dengan Simple Present Tense, hanya waktunya saja yang berbeda dan sering juga digunakan dalam percakapan maupun tulisan.
     Karena rumus ini simple (sederhana), maka rumusnya pun sederhana. Kita hanya memerlukan Verb-2 sebagai ciri-ciri mutlak rumus past tense. Sehingga rumus dasar kalimat verbalnya adalah: S + Verb-2. Sedangkan untuk kalimat nominal, maka kita harus membuat “to be”nya menjadi verb-2, yaitu “was dan were”. Tense ini dikatakan sederhana karena simple past tense hanya ingin memberikan informasi tentang sebuah pekerjaan yang telah terjadi pada masa lampau tanpa ingin menunjukkan bahwa pekerjaanya sedang atau telah dilakukan.
contoh: 

I knocked on your door last night but no one came out.
(Aku mengetuk pintu rumahmu kemarin malam, tapi tidak ada seorang pun yang keluar)

3. Future
    Simple future tense adalah suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu aksi terjadi dimasa depan, secara spontan atau terencana. Tense ini juga dapat digunakan untuk membentuk conditional sentence tipe 1. 
     Simple future tense dibentuk dari modal “will” atau “shall” dan bare infinitive (bentuk dasar verb) atau dibentuk dari phrasal modal “be going to” dan bare infinitive (base form verb).

(+)S + will + bare infinitive
S + be (am/is/are) going to + bare infinitive

You will win
They are going to come

(-)S + will + not + bare infinitive
S + be (am/is/are) + not + going to + bare infinitive

You won’t win
They aren’t going to come

(?)Will + S + bare infinitive
Be (am/is/are) + S + going to + bare infinitive?

Will you win?
Are they going to come?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar